20 CaRa MenyeMbuhkaN PaTaH HaTi

Published 21 Februari 2008 by amandaadw


Kamu putus sama pacar kamu and badan rasanya lunglai

Seperti juga hati kamu yang hancur berkeping-keping.

Sambil berusaha meyakinkan diri kamu bahwa masih banyak

“someone” else yang lebih keren di dunia ini,

percepatlah proses penyembuhan dengan saran-saran membangun ini.

  1. MENANGISLAH!
  2. Angkat tinju tinggi-tinggi dan sesali diri: “Kok saya?”. Jatuhkan diri ke lantai dan pukullah lantai dengan penuh perasaan: “Masa sih akhirnya hanya begini saja?” Kalau perlu, kamu mengamuk dan sambunglah dengan cucuran air mata sambil menangisi kejamnya perbuatan umat manusia. Kalau kamu nggak bisa nangis, sewa film English Patient biar air mata mengalir deras

  1. BIARKAN KESEDIHAN MELANDA
  2. Kamu boleh berduka cita. Ini lebih baik daripada memendam perasaan. Hanya saja, cobalah untuk tetap bersikap anggun. Jangan keliatan murung di hadapannya. Berakting sedih seperti pemain sinetron tidak ada pengaruhnya bagi orang lain.

  3. CERITAKAN KESEDIHAN KAMU
  4. pada teman dekat atau keluarga. Kalau kamu bilang nggak ada seorang pun yang memahami situasinya, kamu salah besar. Kita semua pernah mengalami trauma putus cinta, jadi kita semua mengerti dan ingin melupakannya. Tapi jangan muntahkan perasaanmu pada semua orang yang kamu temui. Asal tahu saja, banyak orang sering tidak peduli dengan perasaan orang lain.

  5. JANGAN KHAWATIR
  6. jika dia bertingkah seolah-olah berhasil mengangkat 10 ton beban dari pundaknya. Pria membutuhkan waktu lebih lama untuk mengakui dengan terus terang mengenai perasaannya. Cepat atau lambat dia akan memperlihatkannya juga. Untuk sementara, kamu boleh ngerasa senang.

  7. JAUHKAN DIRI KAMU DARINYA
  8. kalau itu membuatmu merasa lega. Asal aja kamu ingat-ingat lagi sulitnya untuk berlagak cuek pada saat kamu lagi butuh.

  9. IKUTLAH LATIHAN KEBUGARAN
  10. Aliran endorfin akan menaikkan semangat kamu dan siapa tahu kecengan cakep yang tersenyum lagi aerobik itu akan melambungkan hati kamu.

  11. MULAILAH UNTUK MEMBACA BUKU
  12. Susahnya kalau kehilangan kekasih adalah hilangnya seseorang untuk dirangkul. Membaca buku bermutu sebelum tidur, ternyata merupakan cara lebih ampuh.

  13. NIKMATI BENDA-BENDA
  14. yang dibenci dia semasa kamu masih bersamanya. Bakarlah minyak aromaterapi dengan bau yang keras, konsultasilah dengan psikolog, masaklah makanan vegetarian atau pakai pakaian yang kamu suka tanpa takut dikritik.

  15. POTONGLAH RAMBUT KAMU
  16. Secara simbolis memotang rambut berarti mengangkat beban dari pundak atau memulai sesuatu yang baru.

  17. GANTI PARFUM KAMU
  18. Kamu nggak memerlukan lagi bau-bauan yang biasanya mengingatkan kembali pada hari-hari yang indah bersamanya.

  19. HABISKAN WAKTU BERSAMA TEMAN-TAMAN
  20. Nikmatilah bergaul seperti masa-masa ABG dulu. Belief it, kamu bakal ngerasa lebih tenang setelah mendengat cerita sedih yang juga dialami teman-teman.

  21. BERSIKAPLAH ASEKSUAL
  22. dan hindari lawan jenis untuk sementara waktu. Cara ini akan melancarkan jalan kamu menuju ketenangan emosi. Tapi kalau kamu nggak bisa melupakan keinginan untuk bermesraan dengan sang mantan, anggap saja itu hal yang biasa. Putus cinta sudah pasti membuat orang lebih rindu. Kalau akhirnya kamu bisa bertemu lagi, bukan pertanda anda kembali menjalin hubungan yang sudah gagal itu.

  23. BERPIKIRLAH SECARA MATANG
  24. Yakinkan diri kamu kalau kejadian itu memang harus terjadi. Percaya pada kemampuan diri sendiri, itulah cara untuk menyembuhkan perasaan. Luapan kegembiraan tidak harus selalu berakhir di pelaminan. Putus cinta memang menyakitkan, tetapi tidak separah perceraian.

  25. BUATLAH DUA DAFTAR BERBEDA
  26. Pada satu daftar, catatlah apa yang bikin kamu nggak bahagia dalam hubungan kalian. Kemudian, pada daftar satunya lagi, tuliskan apa yang kamu harapkan dari sebuah hubungan. Pakailah kedua daftar itu untuk membantu menghilangkan pola pikir negatif anda, yaitu adanya perasaan di tolak oleh si dia.

  27. DENGARKAN
  28. jika teman-teman baik membeberkan kekurangan-kekurangan mantan kamu dan membantu kamu untuk memandang dia lebih realistis. Tetapi jangan teruskan pembicaraan yang bersifat ‘penuh kebencian’.

  29. GANTILAH
  30. barang-barang di tempat tinggal kamu yang mengingatkan kamu padanya. Kalau tinggal berdekatan pindahlah sementara waktu kalau perlu. Singkirkan foto-fotonya. Berhenti mendengarkan lagu-lagu yang pernah kalian senangi. Ciptakan suasana baru dengan membeli CD baru yang nggak ada hubungannya dengan kenangan masa lalu.

  31. GUNAKAN SEMUA KEKUATAN KAMU
  32. untuk mempertahankan keputusanmu. Hati kamu mungkin hancur lebur, tapi akhirnya apa yang tampak seperti kekuatan dari luar akan menjadi jalan keluar untuk penyembuhan di dalam diri kamu.

  33. MANJAKAN DIRI KAMU
  34. Kamu dipaksa berhenti untuk mikirin orang lain. So, kumpulin aja seluruh tenaga itu untuk diri sendiri.

  35. LAWAN RASA TAKUT
  36. Putus secara mendadak seperti dipaksa mengubah kebiasaan dengan tiba-tiba. Biar nggak takut menghadapinya sadari aja kamu mendapat pengalaman baru akibat perubahan itu, yaitu pematangan emosi yang ternyata bisa menguatkan watak.

  37. CARILAH BANTUAN
  38. Meskipun kamu udah berusaha sekuat tenaga dan segala upaya untuk menyembuhkan diri and tetep gagal, cobalah untuk berkonsultasi dengan ahlinya (Psikolog juga boleh!). Beberapa hal yang dapat membantu kamu untuk bangkit lagi, adalah menerima saran obyektif dari seorang teman yang pendengar setia, ngobrol dengan teman-teman dan memusatkan perhatian agar sembuh dari sakit hati & kehilangan.

SEMOGA BERHASIL !!!

21 comments on “20 CaRa MenyeMbuhkaN PaTaH HaTi

  • aQ udah baca smua,aQ jg pernh ngalamin.smua usha ud aQ lakuin tp smpai kini, hampir genap 3th aQ msh blum ngelupain dy.so,intinya smua itu jg kembli ke pribadinya msing2.thank’s…

  • orng yg putus langsung patah hati itu org yg sableng alis gendheng,
    ngapain tuh hrs dipikir segala ………. hidup tu bukan cmn sekali aza…….yg penting gmn caranya nyari nafkah yg halal….. tuk nempuh hidup yg baik punya suami / istri yg setia jujur sholeh / sholehah mengedepankan ahklak yg mulia … toh ntar pasti ada jalan yg terbaiak bagi kita……
    putus ………….. ah tuh dah gak zamannya zekarang ……….
    sholat …… la itu zamannya ……………

  • Sebagai Perempuan Ngapain Juga Kita Sakit Hati & Terus Memikirkan Mantannya Mungkin Mantan Kamu Tidak Memikirkan Kamu Apalagi Mantan Kamu Sudah Punya Penggantinya,menurut saya tidak ada laki laki yang baik semuanya bisanya menyakiti perasaan perempuan

  • Mlakukannya tidak semudah yg diucapkan… Mungkin bisa, untuk orang lain, Tapi tidak untuk gw. Mslahnya gw type orang yg mempertahankan cinta dan tidak mudah menyerah. Doi gw dah tinggalin gw bwrbulan2, blum putus, cma hts. Gw ttep stia sma dia, tapi ternyata pas ktemu lgi, dia tolak cinta gw… Duh sakit banget… Smpai saat ni gw masih cinta mati sma dia, tapi dia dah lupin gw… It’s hurt… Thanks ya for share…

  • pada intinya yang ngelupain seseorang yang di sayangi mungkin sangat sulit,tapi jika qt terus bertahan dengan air mata karna di bohongin dan diselingkuhin, aduh suakit buanget, hanya orang bodoh yang mau masuk ke lubang yang sama, ya itu lah bodohnya cinta. we can do everything for love, tapi kita juga gak harus tutup mata terus, mungkin karena cinta segudang maaf selalu tersedia untuk dia, tapi apa kamu tidak pernah berfikir, yang namanya cinta itu takan membuat hdup kita seperti di neraka, percuma bertahan dengan cinta jika setiap saat air mata selalu menemani, mungkin bentuk patah hati itu sangat universal. tapi patah hati karena perselingkuhan, duh …. mungkin hanya orang2 seperti aku yang mampu menggambarkan sesakit apa sih yang mananya patah hati karena perselingkuhan. 5 tahun ya………. journey love story… harus berakhir di tangan orang ketiga, semua mata dan fikiran tertutup karena cinta, sesakit apapun mampu tergantikan oleh cinta, tapi ku sadar q tak menemukan dan mendapatkan apa2 kaena mempertahankan seseorang yang jelas sudah menyakiti, membencinya dan melupakaya, mungkin impian terbesar dalam hidup q jika akhirnya ku bisa melupakan dia.q takan dan tak ingin lagi mrngenakl cinta, patah hati itu sangat sakit, mungkin takan mudah untuk melupakan segalanya, tapi allah maha adil, dia akan memberikan yang terbaik bagi hambanya yang mau berusaha dan berdoa,,,,

  • gue jg prnh kya gt,tpnya stlh gue pikir” ngpain cwo kya gt di tangisin,kya dy nangisin gue ajh,hemm….. smpnt sih gue tangisin tuh cwo,hehehe..
    abzan ptsin gue tanpa sbab yg jelaz.tp akhrnya happy ending.

  • Kenapa harus sepahit ini…
    Yang namany cinta,awalnya doank manis…Akhir2nya bsa bkin org mati…
    Emang ngomong tuh gampang!
    Lo tau bakal kayak gini…Q mendg gak mencntainya waktu dlu…Tpi jka memang d tkdirkan untuk mnjdi dwasa dg cara sperti..Ya q sbgai manusia bersyukur aja deh..Dan mmpelajari kslahan kslahan terdahulu…Smga Allah mmberikan orang yang lebh baik dari dia…Amiin

  • kalau q,q tidak bisa bahagia tanpa dia because q udh terlalu sayang sama dia trtama dia pcr prtma q,dr 19 cara itu q uh lakuin semuanya,tpi perasaan syangku sama dia tidak bisa hilang

    sepertinya q ga rela kalau dia jd milik orang lain
    trus q hrs bgaimana
    blz ya???plisss

  • gue tau kok gmna rsanya sakit hati,bhkan skr ini yang gue alami jauh lbh sakit dari seblmnya…
    itu jga krna qt tuh ”Longdistance” n gue kira awalnya qt bsa hdapi mua ini ampe hbngan qt berjlan ampe 2th….
    tapi ternyata allah berkta lain n akhrnya gue tau akan mua kbhgn dy slama 2th,gue bner2 gak nyngka ternyata diam2 dy tuh nyembunyiin mua itu slama 2th lmanya’…

  • Aku baru aja putus, sekitar 2 minggu ini. Dia minta break sejak bulan lalu, sempat baikan tapi dia ngajuin permintaan yang sejak awal kita pacaran selalu dia minta. Permintaan2nya bertentangan dengan prinsipku. Jadi dia maunya A aku maunya B. Sebelum ada masalah (salah pengertian) dia gak maksain permintaannya. Tapi sejak ada masalah itu dia maksakan kehendaknya n klo gak kuturuti dia mesti ngancam break. Semakin kesini yang kurasakan hanya nafsu bukan cinta. Meski hubungan kita cuma bertahan 3 bulan, tapi yg namanya putus tetap sakiiiiit bgt. Kadang bisa tegar, kadang sedih lagi. Aku berusaha mempertahankan hub kami tapi dia gak mendukungku. Terpaksa kusetujui permintaan putusnya. Pacar pertama, mendekati typeku, putus lagi….duh sedihnya. Aku selalu berharap dia ngerasakan sakit yg sama denganku sampai akhirnya dia menyesal sudah menyia-nyiakanku !!! Tapi aku juga berdoa sama Allah moga kudapat yang lebih baik daripada dia. Kuyakin inilah caraNya menjawab doa2ku tentang dia.

  • Jadilah orang yang kuat, jangan mudah putus asa dalam menghadapi kenyataan.Bagaimanapun juga Hidup adalah Realita atau Kenyataan yang harus kita hadapi.

  • gw bru ja putus nh…
    sakit banget.. pdah gw syang banget ma dy
    ape2 gw rela brubah tu smua demi dy…
    gw emang bego.
    smpai kpanpun gw ngk kn nglupain dy
    love you ita

  • q udh menanamkan dihati&fikiran bahwa g ada gunanya menyimpan sakit lama-lama, karena kehidupan masih panjang. tapi rasa sakit ini mash belum bs hilang. jadi bingung, mo gmn lagi? sampek sekarangpun msh sulit nerima orang lagi tuk mengisi hati ini. tapi q yakin ini adalah jalan terbaik dariNYA yang harus aku jalani tuk menuju kehidupan yang lebih baik. mungkin tuhan menginginkan aku jadi lebih dewasa&lebih arif lagi. tapi sampek sekarang kenapa aku masih mengingatnya?q ingin menghilangkan dia dari hati&fikiran. cz jika mengingatnya hati ini g bisa berfikir sesuatu yang baik, pasti akan semakin benci&benci ama dia. q g mau menambah nambah dosaku hanya karena ingat padanya. tuhan……tolonglah q tuk melupakannya&hati ini menjadi ikhlas atas apa yang telah engkau takdirkan ini…..amin……..

  • Ya2.. Dlu, cinta q ma ‘dia’ bner2 banget.. Cm dia yg bisa buat aq bnr2 ngrasain indah nya jatuh cinta.. Kita lewati hri2 sllu bersama hampir setiap saat.. Sampe satu hri aq menemukan ‘dia’ berbohong.. Dia mengirim sms yg isinya : Dia masi cinta sama mantannya. OMG.. Aq liat itu lngsg ngrsa bner2 ngrsa slama itu g ad artinya sama sekali.. Setela tu, aq bnr2 g ad hrpan hdup la rsanya.. 1 mnggu tnpa mkan.. Cm dia yg ad dipikiran q.. Sakit bget.. Aq udh nglakuin smua hal de atas.. Bhkan udh 2 thun aq brusaha nglupakan.. Tp, smpe detik ni.. Dia pun g pnh prgi dr pkiran q.. Huaaa.. Hrus gmna lg siiii.. Pusinggggggg..

  • Memang ngasih nasehat ke orang itu gmpang aku sring ngsih nshat ke orng tpi slh kena sndri ampun deh g mw lagi, sblm ni aq prnh d tngglin g cma skli … tpi yg satu ni bnr2…gila….. stlh kjadia itu aq g cma khlngan dia aq jg khlngan smgat, pkrjaan dan otak sya pun dah g 100% kpla gmpang psing untuk mkir yg brat2… Sampai skrng pun aq msih sepert orng yg g pnya tjuan….. stahun brlalu aq msh sllu brhrp ma cwex yg sma…. cba k yg lain g prnah bsa …. Smpai kapn ni brlngsung……

  • ehmmm ptus thu pasti sedih banget pa lagi baru baru ptus …rsanya bingung mw ngapain …tapi semua itu mending bawa enjoy ajah lah dari pada tambah bete tyus,,sedih tyus..yah mungkin lum ditakdirin buat bersama x yah…
    banyak berdoa ajah coz muany allh yang atur..
    pasti ah pasti ntar ada yang lebih baik dari kemaren…
    where there a will there a way…

  • baru kali ini aku merasakan patah hati dan rasanya sakit banget…seperti ditusuk oleh jarum berjuta juta ,w nga tau apa yang akan aku akukan selanjutnya..mungkin karena selama ini aku terlalu bergantung sama dia.tapi aku ga pernah menyangka kalau semuanya akan berakhir seperti ini…padahal aku pengen tu happy ending,mungkin dia bukan yang terbai buatku….hikxx..tapi mulai sekarang aku akan belajar dari yang lalu dan hidup untuk saat ini serta lihat kedepan..tuhan bantulah aku menemukan cinta sejatiku…

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    Ikuti

    Get every new post delivered to your Inbox.

    %d bloggers like this: