mAnFaAt bLoG..

Manfaat blog bagi guru :
Melalui keajaiban teknologi blog, sejumlah guru mulai terdorong terlibat secara aktif dalam meningkatkan mutu pendidikan dan mempercepat proses pengajaran di sekolah.
Saya tidak berharap terlalu banyak pada guru kebanyakan — yang mungkin masih berkutat dengan masalah-masalah basic need dan tak sempat memberikan kontribusinya untuk dunia pendidikan yang lebih substansial dan fundamental.Namun kepada para guru — yang juga pemikir, saya mengajak untuk membuat blog pendidikan. Apa sebetulnya yang dibutuhkan Indonesia dari para guru pemikir? Salah satu aspek yang bisa mulai digarap, menurut saya, aspek metodologi pengajaran. Contohnya, metode pengajaran membaca huruf Arab (Quran) yang efektif. Di sini kita bisa menulis efektivitas metode Iqra’ dari Jogja. Tentu di luar itu, masih banyak aspek yang bisa digarap.Demikian para guru yang kami hormati. Semoga ajakan ini memperoleh sambutan yang antusias dari para guru — demi kemajuan pendidikan di Indonesia.Kelik M. Nugroho
Sumber : http://arahguru.wordpress.com/

Manfaat blog bagi murid :
Dengan kegiatan e-Learning dimungkinkan berkembangnya fleksibilitas belajar yang tinggi. Artinya, kita dapat mengakses bahan-bahan belajar setiap saat dan berulang-ulang. Selain itu kita juga dapat berkomunikasi dengan guru/dosen setiap saat, misalnya melalui chatting dan email. Mengingat sumber belajar yang sudah dikemas secara elektronik dan tersedia untuk diakses melalui internet, maka kita dapat melakukan interaksi dengan sumber belajar ini kapan saja dan dari mana saja, juga tugas-tugas pekerjaan rumah dapat diserahkan kepada guru/dosen begitu selesai dikerjakan.

Pengalaman negara lain dan juga pengalaman distance learning di Indonesia ternyata menunjukkan sukses yang signifikan, antara lain: (a) mampu meningkatkan pemerataan pendidikan; (b) mengurangi angka putus sekolah atau putus kuliah atau putus sekolah; (c) meningkatkan prestasi belajar; (d) meningkatkan kehadiran siswa di kelas, (e) meningkatkan rasa percaya diri; (f) meningkatkan wawasan (outward looking); (g) mengatasi kekurangan tenaga pendidikan; serta (h) meningkatkan efisiensi. (Soekartawi, 2005)

Sobat Nida, pada edisi berikutnya kita akan membahas contoh-contoh e-learning, terutama untuk mempelajari Islam. Untuk sementara ini silahkan mengakses berbagai berbagai materi e-learning yang ada di Internet, contohnya adalah:

http://ocw.mit.edu & http://www.ilmukomputer.com.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s