Pesta Perpisahan SMA

Judul Film         : High School Musical 3: Senior Year
Genre               : Drama musikal
Pemain             : Zac Efron, Vanessa Hudgens, Ashley Tisdale, Lucas Grabeel, Corbin Bleu, Monique Coleman
Sutradara         : Kenny Ortega
Produksi           : Waltz Disney Pictures
Durasi              : 100 menit

Masa-masa SMA merupakan pengalaman yang berkesan. Banyak peristiwa menarik di dalamnya. Berbagai kenangan dan pengalaman akan tersimpan. Namun, masa indah tersebut akan berakhir ketika berada di tingkat akhir. Sementara itu, cita-cita, motivasi, harapan, dan kekhawatiran akan masa depan hadir di lubuk hati. Kedewasaan dan meraih impian menjadi tujuan lainnya.

Itulah yang tergambar dari film High School Musical 3: Senior Year. Film ini merupakan sekuel dari dua film sebelumnya yang berjudul sama. Namun, perpisahan setelah menyelesaikan studi di SMA menjadi ide cerita dalam film ini.

Film ini berkisah mengenai perayaan kelulusan siswa-siswi East High School. Sepasang kekasih, Troy (Zac Efron) dan Gabriela (Vanessa Hudgens), bersama teman-teman mereka berencana membuat pesta perpisahan sebelum wisuda digelar. Diarahkan oleh guru Dabus (Alyson Reed), sebuah tim akhirnya terbentuk untuk membuat pesta perayaan kelulusan.

Troy, Gabriela, Sharpay Evans (Ashley Tisdale), Ryan Evans (Lucas Grabeel), Chad Danforth (Corbin Bleu), Taylor McKessie (Monique Coleman), dan Kelsi Nielsen (Olesya Rulin) merupakan anggota dari tim tersebut. Mereka yang akan merancang pesta itu.

Berbagai persiapan pun dilakukan. Konsep pertunjukan pun terbentuk, yaitu sebuah drama musikal. Ryan dan Sharpay Evans ditunjuk sebagai koreografer, Kelsin Nielsen sebagai pengarah musik, Troy dan Gabriela adalah lakon utama, sedangkan Chad dan Taylor membantu dari belakang panggung.

Untuk menambah semarak acara, anggota cheerleader sekolah diperbantukan. Begitu pula beberapa anggota tim basket kebanggaan sekolah, Wildcats, unjuk kebolehan dalam perayaan kelulusan. Jadinya, pertunjukan pesta berlangsung meriah dan menjadi momen yang tak terlupakan.

13 Lagu
Dalam film berdurasi 100 menit ini, setidaknya terdapat 13 lagu yang diputar sepanjang film. Termasuk, lagu-lagu yang dibawakan para pemeran ketika pesta kelulusan berlangsung. Lagu-lagu tersebut di antaranya Now or Never, Right Here Right Now, I Want It All, Can I Have This Dance, Just Wanna Be With You, A Night To Remember, The Boys are Back, Walk Away, Scream, Spring Musical Medley, We’re All in This Together, High School Musical, dan Last Chance.

Melalui lagu-lagu tersebut, kekhawatiran, ketakutan akan masa depan, motivasi, cita-cita, dan harapan dari para lulusan East High School disampaikan. Misalnya lagu Scream yang dinyanyikan Troy ketika hatinya galau menentukan pilihan untuk melanjutkan sekolah di Universitas Albuquerque ataupun Juilliard.

Begitu pula, lagu Walk Away yang menggambarkan suasana hati Gabriela yang harus berpisah dengan kekasihnya maupun teman-teman sekolahnya. Sementara lagu I Want It All yang dinyanyikan Evans bersaudara menggambarkan cita-cita dan harapan akan masa depan. Adapun lagu Just Wanna Be With You dan A Night To Remember menggambarkan kenangan-kenangan indah ketika bersekolah maupun saat bersama kekasih. Lagu ini dinyanyikan Troy dan Gabriela.

Sementara itu, dari sisi penggarapan cerita, tema film ini sangat sederhana sehingga mudah diikuti oleh penonton. Bahkan, film ini nyaris tidak ada konflik. Meskipun demikian, sikap iri untuk menjadi yang utama terlihat dari tokoh Sharpay yang cemburu dengan kepintaran Gabriela. Jadinya, film ini datar saja.

Namun begitu, unsur musikalitas melalui pemilihan musik dan lagu yang kebanyakan bernada ceria menjadi hal yang dikedepankan. Lagu-lagu itulah yang menjadi kunci dalam film arahan Kenny Ortega ini. Kekuatan lagu tersebut didukung pula dengan gerak tari yang harmonis dengan alunan musik. Akhirnya, suasana ceria sebuah pesta perpisahan terwujud.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s