7 Rahasia Menjaga Hubungan dengan Introvert/Ekstrovert Tetap Langgeng

Apakah Anda seorang introvert yang sedang menjalani sebuah hubungan dengan seorang ekstrovert? Atau mungkin Anda adalah seorang ekstrovert yang mulai berada pada tahap hubungan yang serius dengan seorang introvert? Hubungan introvert dan ekstrovert bisa menjadi hubungan yang sempurna karena bisa saling melengkapi. Namun, di sisi lain, ada beberapa hal fundamental yang bisa menyebabkan konflik.

Nah, agar hubungan introvert-ekstrovert bisa tetap langgeng dan tidak mudah putus di tengah jalan, simak tujuh rahasianya yang dilansir dari cosmopolitan.com berikut ini.

  • Jelaskan Kebutuhan Anda

    Orang dengan temperamen introvert atau ekstrovert akan memiliki kebutuhan yang berbeda. Misalnya, jika Anda seorang introvert yang ingin mengisi ulang energi sambil berdiam diri di rumah dengan membaca novel, jelaskan pada pasangan Anda yang seorang ekstrovert tentang kegiatan Anda tersebut dan kenapa ini penting untuk Anda. Dengan mengetahui kebutuhan masing-masing, kesalahpahaman bisa semakin mudah untuk dihindari.

  • Tentukan Batas-Batas Anda

    Pastikan Anda dan pasangan Anda saling terbuka terhadap batasan-batasan masing-masing. Sebagai contoh, jika pasangan Anda adalah seorang ekstrovert, kenali sampai sejauh mana ia bisa bertahan tanpa melakukan kegiatan apapun atau bertemu orang-orang di sekitarnya.

  • Buat Waktu Berdua yang Berkualitas

    Pilih satu kegiatan yang Anda dan pasangan Anda sama-sama sukai. Meskipun temperamen Anda dengan pasangan Anda berbeda, pasti ada satu atau dua kegiatan yang sama-sama Anda sukai. Lakukan kegiatan tersebut bersama-sama dan dapatkan waktu yang berkualitas bersama dengan pasangan Anda.

  • Lebih Berhati-Hati Ketika Memperkenalkan Pasangan Anda

    Kalau pasangan Anda adalah seorang introvert, Anda sebaiknya tak memperkenalkannya dengan semua orang dan lebih menyeleksi beberapa orang yang sekiranya bisa dengan mudah akrab dengan pasangan Anda. Cara orang introvert dan ekstrovert berkenalan dengan orang baru pastilah sangat berbeda.

  • Membangun Lingkar Persahabatan yang Sama

    Orang ekstrovert biasanya memiliki banyak sekali teman sementara orang introvert hanya memiliki sedikit teman tetap sangat dikenal dengan baik. Bangunlah lingkaran persahabatan yang sama dengan pasangan Anda, misalnya dengan saling memperkenalkan teman masing-masing. Cara ini juga sangat pas untuk membuat kehidupan sosial Anda bersama pasangan tetap seimbang.

  • Ada Banyak Cara untuk Menegosiasikan Segala Sesuatunya

    Meskipun Anda introvert dan pasangan Anda ekstrovert atau sebaliknya, bukan berarti kesempatan Anda untuk menegosiasikan sesuatu atau mencari jalan keluar akan sebuah hal akan sangat terbatas. Ada banyak cara untuk mencari solusi yang terbaik untuk Anda berdua, Anda hanya perlu mengomunikasikannya.

  • Saat Anda Sedang Sibuk Sesuatu, Pastikan Anda Mengecek Kondisi Pasangan Anda

    Ketika Anda, misalnya, memiliki jadwal yang sangat padat bertemu dengan banyak orang dan membuat Anda merasa bersemangat, jangan sampai lupa untuk mengecek kondisi pasangan Anda. Komunikasi bukanlah kegiatan yang hanya dilakukan sekali dalam sekian waktu, komunikasi perlu dilakukan terus dan berkelanjutan.

Guys, meskipun Anda memiliki temperamen (introvert/ekstrovert) yang berbeda dengan pasangan Anda, keharmonisan dan kelanggengan hubungan bisa tetap terjaga dengan baik. Kuncinya adalah komunikasi dan selalu menghargai semua perbedaan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s