5 Jawaban Pengganti “Tidak Tahu”

5 Jawaban Pengganti “Tidak Tahu” Citacinta
Alias ngeles aman, he he he.

 

Di hadapan klien, saat meeting atau presentasi, jawaban “tidak tahu” saat ditanya justru membuat Anda tampak nggak profesional dan malas berusaha. Menurut Forbes.com, ada beberapa kalimat bermakna sama namun terlihat lebih profesional saat diucapkan, antara lain:

1. “Coba saya pastikan dahulu informasi seperti apa yang Anda cari…” –> Kalimat ini membantu Anda untuk berpikir dulu bagaimana menangani pertanyaan atau permintaan yang diucapkan, serta mencari lebih detil bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menjawabnya.

2. “Berdasarkan apa yang telah diketahui, pendapat saya … “ –> Kalimat ini seolah-olah menyampaikan bahwa Anda belum memahami benar permasalahan yang diajukan, Anda juga bersedia menyampaikan informasi baru yang diketahui sebagai bahan pertimbangan.

3. “Saat ini, saya sedang mengumpulkan berbagai informasi atau fakta XYZ…” –> Artinya, Anda sedang dalam proses mencari tahu agar dapat menyampaikan informasi yang benar.

4. “Saya bisa menjawab, tapi izinkan memikirkan dulu jawabannya. Setelah itu, saya kabari segera…” –> Menunda jawaban lengkap, sampai Anda punya dan memegang fakta pendukung, mengesankan kredibilitas  Anda.

5. “Pertanyaan bagus. Cuma saya kurang familiar dengan informasi XYZ tersebut. Saran saya,…”–> Jawaban ini mencoba memberitahu gambaran sedikit yang Anda punya tentang suatu topik atau masalah.

 

Tinggalkan Balasan

