Trik Tetap Kaya di Tanggal Tua

Di awal gajian Anda cenderung jor-joran. Cuek shopping dan makan di luar tanpa memikirkan nasib di akhir bulan.
Alhasil begitu tanggal tua tiba, Anda mengandalkan kartu kredit karena gaji yang ludes.
Daripada terus berutang yang akibatnya malah nggak ada sisa untuk ditabung, simak tip berikut :
Biasakan makan di rumah

Setiap kali Anda punya rencana nonton atau jalan ke mal, biasakan makan dulu di rumah. Hal ini untuk mengurangi Anda jajan terlalu banyak. Lagipula kondisi perut kenyang akan mencegah Anda impulsif saat belanja.

Cari kupon diskon
Jika Anda memang hobi dan susah menghentikan kebiasaan makan di luar, cari diskonan di situs daily deals. Enaknya lagi, tawaran diskon ini memiliki jangka waktu sehingga dapat Anda gunakan di bulan lain.

Ikut tabungan berjangka
Tabungan berjangka berguna banget untuk Anda yang susah menabung. Pasalnya begitu gajian, bank langsung mendebit rekening Anda. Minimal jika gaji Anda habis untuk belanja, Anda masih punya tabungan sementara.

Hindari kopi
Setiap kali meeting atau hangout dengan teman di kafe, tanpa sadar Anda selalu memesan kopi. Padahal, harganya jauh lebih mahal dibandingkan makanan besar. Ganti kopi dengan minuman yang lebih light rasa dan harganya, misalnya teh.

Bikin prioritas
Setiap kali menerima gaji, atur pengeluaran berdasarkan prioritas dan tetapkan bujetnya. Sisanya masuknya dalam rekening dan jangan diutak-atik—kalau perlu simpan kartu ATM-nya di laci tertutup, nggak usah Anda bawa ke mana pun.

Tetapkan waktu belanja
Jika Anda hobi shopping, atur waktunya dan pastikan belanja di tanggal-tanggal diskon. Department store dan supermarket selalu punya tanggal tertentu mengadakan sale, jadi belanjalah di saat itu saja.

Cari tambahan
Bila gaji Anda memang pas-pasan, cobalah mencari tambahan melalui side job. Gunakan barang yang Anda miliki sekarang untuk mendapatkan dana tambahan, misal buka fasilitas nebeng dengan mobil Anda untuk menurunkan bujet BBM.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s