5 Pengeluaran Wajib Dipangkas

5 Pengeluaran Wajib Dipangkas Citacinta
Tip bertahan sampai akhir bulan, nih….
Tanpa disadari, hal-hal berikut ini bisa bikin kantung kita cepat kempes. Padahal jika menghematnya, kita bisa menambah dana liburan, tuh, hehehe….

Tambah topping
Ngaku, deh, kita pasti sering terjebak dengan bujukan pelayan resto untuk menambah topping atau krim di minuman kita. Hasilnya, uang yang kita keluarkan pun makin besar. Jika kita suka membeli kopi dua kali seminggu saja, sudah berapa banyak uang, tuh, yang kita keluarkan untuk topping tambahan? Sebaiknya, sih, kurangi frekuensi jajan, atau kurangi pilihan topping.

Transaksi kartu kredit
Saat melakukan transaksi online, usahakan, deh, tidak menggunakan kartu kredit. Biasanya, nih, ada charge tambahan. Lebih baik pilih debit, pembayaran  via atm, atau cash on delivery (cek biaya untuk masing-masing cara). Kalau pun terpaksa pakai kartu kredit, usahakan agar satu transaksi saja untuk seluruh pembelian. Pastikan semua barang yang dibutuhkan ada di shopping chart sebelum kita melakukan pembayaran.

Uang tunai
Ada baiknya menggunakan debit—daripada uang tunai—saat belanja di pasar swalayan. Dengan adanya uang tunai, dikhawatirkan kita akan menggunakan sisanya untuk jajan atau membeli barang yang nggak perlu hanya karena lapar mata. Namun, bukan berarti  kita bisa belanja lebay di pasar swalayan, ya, karena pakai debit. Pastikan membeli kebutuhan utama saja (plus satu dua camilan)!

Beli paket
Maksud hati, sih, hanya membeli satu menu makanan. Tapi begitu melihat promo paket tertentu yang menawarkan hadiah CD, kita malah pindah ke lain hati. Nggak heran, deh, kita membayar lebih mahal. Setelah makan, kita baru sadar telah memesan terlalu banyak makanan dan nggak membutuhkan CD-nya! Intinya, sih, jangan mudah tergoda tawaran paket tertentu dengan iming-iming hadiah langsung.

Isi pulsa di counter
Yap, agar lebih hemat, mendingan isi pulsa via ATM karena nggak ada biaya tambahan. Jika membelinya di toko, kita akan membayar lebih dari nilai pulsa. Sekali beli, sih, nggak terasa. Jika terus-terusan, apalagi jika nomor kita banyak, akan terhitung jumlah uang yang keluar!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s