11 Fakta Pahit Kehidupan yang Harus Kembali Kamu Renungkan

Hidup ini tidak mesti manis. Bahkan ada banyak kejadian yang tak kita mengerti kenapa. Banyak pula hal-hal buruk yang dalam sejentik jari menimpa kita. Karena itu, penting bagi kita untuk sekali menghela napas, diam dan merenungkan hal-hal dalam hidup yang tak sepenuhnya “indah” dan “positif”. Hanya dengan itu, kita bisa belajar untuk menjadi lebih ikhlas, sabar, dan berkembang.

Apa saja sih fakta “pahit” tentang kehidupan yang harus sesekali kembali kita renungkan?

 

1. Kamu tidak akan bisa berubah demi orang lain. Kamu hanya akan berubah jika sudah paham bahwa sesuatu itu baik bagi dirimu sendiri.

hanya kamu yang bisa membuatmu berubah

Jadi jika kamu berniat menunggu seseorang atau keajaiban untuk mengubah hidupmu menjadi lebih baik, maka bersiaplah untuk menunggu sepanjang hidupmu.

Seberapapun banyak buku motivasi atau tayangan motivasi yang kamu baca dan tonton, itu tidak akan berarti jika kamu sendiri memang tidak punya niatan untuk menjadi lebih baik. Satu-satunya orang yang bisa membuatmu jadi lebih baik atau pun jadi lebih buruk hanyalah dirimu sendiri, bukannya orang lain.

 

 

2. Jika terus menunggu saat yang tepat, kamu tak akan memperoleh saat yang tepat

sekarang, kapan lagi?

Sering menunda sesuatu yang perlu kamu lakukan hanya karena merasa belum saatnya? Memang kamu tahu kapan saat yang tepat? Atau jangan – jangan ini hanya alasanmu karena kamu takut? Terus gimana jika gebetanmu direbut orang lain gara- gara kamu kelamaan nunggu “saat yang tepat” itu?

So, guys berhentilah untuk menunggu – nunggu saat yang tepat. Lakukan saja apa yang PERLU kamu lakukan, lakukan hal itu saat ini dan berhentilah menunda – nunda.

 

 

3. Kamu akan selalu menemui kegagalan, bahkan ketika hanya beberapa sentimeter dari kesuksesan

setiap orang bisa gagal

Gagal bisa terjadi pada setiap orang yang berusaha. Jika kamu berkata kamu tidak pernah gagal, maka itu hanya berarti satu hal, kamu tidak pernah berusaha!

Gagal adalah bagian kehidupan, bahkan orang – orang yang sukses itu pasti pernah mengalami kegagalan. Jadi berhentilah untuk mendramatisir kegagalanmu dan move on.

 

 

4. Masa lalu akan terus memengaruhimu, namun kamu tak akan bisa mengubah masa lalu.

kamu tidak akan bisa kembali ke masa lalu

Kamu pernah melakukan sebuah kesalahan besar yang membuatmu setengah mati ingin kembali ke masa lalu? Ya, mungkin tidak hanya dirimu, hampir setiap orang pasti punya pengalaman ini.

Tapi hey, kita tidak akan mungkin kembali ke masa lalu, kan?

Jadi lupakan kesalahan masa lalu dan fokuslah pada kehidupanmu saat ini. Jangan jadikan masa lalu sebagai beban, namun jadikan kesalahan itu sebagai pelajaran yang mendewasakan dan buat masa depanmu menjadi lebih baik.

 

 

5. Kamu tidak akan pernah tahu apa yang terjadi esok

tidak ada yang tahu tentang hari esok

Tidak ada seorangpun yang tahu tentang hari esok. Tentang apa yang akan terjadi padamu satu jam setelah kamu membaca artikel ini, besok pagi saat kamu membuka mata, atau dalam jangka waktu satu tahun yang akan datang.

Jadi, nikmati setiap detik yang ada dalam hidupmu, ambil setiap kesempatan yang tersedia untukmu dan besyukurlah atas hidupmu.

 

 

6. Pada akhirnya, kamu tidak akan “pulang” ke manapun kecuali ke dirimu sendiri.

Kamu tidak bisa selalu bergantung pada orang lain

Tidak bisa selalu mengandalkan orang lain memang adalah salah satu kenyataan pahit yang harus mulai kamu sadari sejak sekarang. Tidak selamanya kamu bisa bergantung pada sahabatmu, pasanganmu bahkan hingga keluargamu.

Sahabatmu yang telah sibuk dengan pekerjaan barunya, kamu sedang berantem dengan pasanganmu, atau kedua orang tuamu sedang sibuk ke luar kota untuk mengurusi bisnis keluarga.

Kalau sudah begini siapa lagi yang bisa kamu andalkan selain dirimu sendiri?

 

 

7. Karena dunia ini bukan meja hijau, kehidupan tak akan bisa selalu adil

hidup tidak selalu adil, kan?!

Hidup seringkali terasa tidak adil bukan?! Sering nggak nemuin peristiwa – peristiwa di bawah ini:

Teman kamu yang nyontek dapat nilai lebih baik daripada kamu yang udah belajar mati – matian, gebetan yang kamu taksir justru naksir sama teman dekatmu yang kamu kenalkan, atau mantan kamu tiba – tiba datang dan menyerahkan undangan pernikahan untukmu?

Ya, hidup memang terkadang tidak adil namun percaya deh pasti ada alasan di balik semua peristiwa yang terjadi. Ikhlas dan relain aja yang terjadi, karena jika kamu udah ikhlas dan rela peristiwa pahit itu bakal lebih mudah dijalani kok!

 

 

8. Langkah pertama selalu menjadi yang tersulit

Langkah pertama selalu menjadi yang tersulit

Sama halnya dengan seorang yang belajar berjalan, langkah pertama yang dijejaknya akan menjadi saat yang paling sulit. Namun,kamu nggak mungkin mendapatkan sesuatu tanpa melakukan sesuatu bukan? Seperti kata pepatah Cina yang bilang “The journey of a thousand miles begins with a single step.”

 

 

9. Jika kamu gagal, tersangkanya kemungkinan besar adalah dirimu sendiri

Halangan terbesar: dirimu sendiri

Sering kali banyak orang, mungkin juga kamu, terlalu sibuk mencari penyebab kenapa kesuksesan tidak datang menghampirimu, dan kemudian terlupa jika yang menjadi penghalang kesuksesanmu adalah dirimu sendiri. Karena itu berhenti meratapi kegagalanmu, kemudian fokus dan yakinlah bahwa kamu pasti bisa sukses!

 

10. Hidup tak selalu tenang. Kamu harus selalu mempersiapkan kemungkinan terburuk, karena hidup adalah perang.

Persiapkan dirimu untuk berbagai kemungkinan

Karena hidup tidak akan pernah bisa untuk kita duga, maka hal yang paling penting untuk dipersiapkan adalah menyiapkan diri untuk kemungkinan terburuk yang bisa terjadi. Jangan mudah menyerah saat hidup membawamu jatuh terpuruk karena semua kesulitan yang kamu alami pasti ada hikmahnya.

 

 

11. Pada akhirnya, waktu kita di dunia ini benar-benar terbatas.

Kematian adalah muara akhir kehidupan

Setiap yang hidup dan berjiwa pasti akan mati, tak terkecuali dengan hidup kita. Tidak peduli kamu itu sepopuler apa, sekaya apa, sehebat apa, tidak ada seorang pun yang sanggup mengelak dari kematian.

Oleh karena itu persiapkan dirimu mulai dari sekarang dengan berbuat baik, ukir kenangan – kenangan indah bersama dengan orang yang kamu sayangi, dan jangan lakukan perbuatan yang akan membuatmu menyesal di kemudian hari. Masih ingat dengan peribahasa gajah mati meninggalkan gading, orang mati meninggalkan nama, bukan?

 

Sumber : http://www.hipwee.com/

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s