5 Hormon Penting Bagi Tubuhmu Ladies

Setiap bulan Anda pasti pernah mendadak ingin makan banyak atau emosinya gampang tersulut. Dengan mudahnya Anda pun menuduh PMS penyebabnya. Padahal penyebabnya adalah lima hormon yang ada di dalam tubuh Anda–bukan hanya estrogen. Ini kelima hormon tersebut dan cara menjaga kadarnya agar tetap normal.

Hormon estrogen
Hormon ini paling besar kandungan di dalam tubuh wanita subur dan berfungsi menjaga kesehatan alat reproduksi serta menyiapkan rahim untuk kehamilan. Hormon ini juga menjaga imunitas tubuh. Terlalu banyak estrogen di dalam tubuh akan menyebabkan nyeri perut dan emosi tinggi saat PMS. Satu-satunya cara menjaga kadar estrogen adalah mengurangi konsumsi makanan berlemak.

Hormon progesteron
Sama dengan estrogen, hormon ini juga menjaga kesehatan alat reproduksi dan menormalkan kadar gula dalam darah. Tapi kondisi progesteron yang nggak seimbang akan menyebabkan Anda mudah sakit kepala dan depresi. Jaga kandungan progesteron Anda dengan olahraga teratur dan menjaga berat badan proporsional.

Hormon androgen
Walau sedikit hormon ini berperan untuk menumbuhkan rambut dan meningkatkan gairah seks Anda. Kekurangan hormon ini menyebabkan rambut mudah rontok, jerawatan, dan cepat lelah. Biar tetap seimbang lakukan olahraga teratur dan konsumsi makanan yang mengandung seng, seperti sayuran hijau,  ikan, dan kacang-kacangan.

Hormon prolaktin
Tugasnya adalah menjaga kesuburan di saluran telur dan menjaga kesehatan payudara. Jika kekurangan hormon ini, berisiko infertilitas dan menurunkan gairah seksual. Padahal menjaga keseimbangan hormon ini mudah yaitu pastikan Anda cukup tidur setiap harinya.

Hormon FSH dan LH
Stimulating Hormone (FSH) adalah hormon glikoprotein yang berperan dalam proses pematangan sel telur di dalam indung telur. Sedangkan lutenizing hormone (LH) adalah hormon yang mengatur pematangan dan pelepasan sel telur dari indung telur (ovulasi). Ketidakseimbanga hormon ini akan menyebabkan Anda mudah jerawatan dan gangguan memori. Jaga kesehatan hormon ini dengan banyak minum air putih dan mengurangi makanan berlemak tinggi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s