Bebas Stres Dalam Seminggu

 

Bebas Stres Dalam Seminggu Citacinta
Baca buku sampai ‘nyuekin’ email.

 

Rutinitas yang dilakukan setiap hari nggak hanya bisa membuat kita bosan, tapi juga tertekan. Cobalah lakukan aktivitas berikut selama seminggu agar bebas stres….Senin
Membersihkan meja
Banyak yang bilang kalau meja berantakan, tuh, bisa meningkatkan kreativitas. Namun sesungguhnya, meja rapi dapat mengurangi rasa tertekan kita. Menurut penelitian, barang yang bertumpuk akan meningkatkan level stres. Mulailah membersihkan meja—buang barang nggak diperlukan—sehingga kita punya ruang lebih untuk meletakkan tanaman hijau yang juga berfungsi sebagai penghilang stres.

Selasa
Buang pikiran buruk
Terlalu banyak berpikir negatif nggak akan menyelesaikan masalah. Buang, deh, segala pikiran jelek. Untuk menghilangkan rasa cemas, tuliskan hal-hal yang kita takutkan, lalu buang ke tempat sampah. Penelitian terbaru menunjukkan kalau menulis hal-hal negatif di kertas dan membuangnya dapat mencerahkan pikiran.

Rabu
Fokus pada satu tugas
Hindari multitasking. Akan lebih baik, nih, bikin prioritas untuk mengerjakan tugas urgent dan penting terlebih dulu. Membuat beberapa tugas sekaligus dapat membuat kita lupa pada hal-hal kecil. Plus, menambah tingkat stres. Untuk satu hari, cobalah fokus mengerjakan satu hal.

Kamis
Baca buku enam menit
Membaca dapat memberikan banyak keuntungan, plus mengembangkan daya imajinasi. Sebuah studi mengungkapkan kalau membaca novel dapat meningkatkan daya ingat dan membuat tidur lebih nyenyak. Jika nggak memiliki banyak waktu, nggak perlu cemas. Penelitian di Mindlab International at the University of Sussex mengungkapkan kalau membaca selama enam menit dapat menurunkan level stres.

Jumat
Bersyukur
Kesannya sepele, tapi berdasarkan penelitian, bersyukur dapat membuat seseroang jadi lebih optimis, sehat, lebih baik, dan lebih tenang. Tulislah hal-hal yang Anda syukuri hari ini, mulai dari hal kecil seperti koneksi internet yang lancar sampai kesempatan untuk bertemu teman lama.

Sabtu
‘Liburan’ e-mail
Nggak perlu pesawat atau hotel di area tropis untuk melarikan diri dari kepenatan, cukup beristirahat dari e-mail. Peneliti memaparkan kalau meliburkan diri dari e-mail dapat menurunkan level stres, plus membuat kita lebih produktif. Jadi jika mendengar bunyi notifikasi e-mail di ponsel, katakan tidak untuk membukanya. Apalagi, di akhir pekan!

Minggu
Menulis diary
Menulis hal-hal yang bikin Anda cemas di buku harian dapat membuat pikiran Anda lebih lega. Hasilnya, kualitas tidur Anda menjadi lebih baik.

 

Sumber : Citacinta Magazine

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s