4 Hal yang Dinilai HRD pada Interview Pertama

4 Hal yang Dinilai HRD pada Interview Pertama Citacinta
Ternyata, bukan cuma pengalaman kerja dan jawaban Anda saja, tuh!

 

Salah besar jika Anda merasa bisa diterima kerja hanya bermodalkan pengalaman segudang dan jawaban memuaskan. Pihak HRD atau penyeleksi dari setiap perusahaan juga menilai beberapa hal lain dari pelamar kerja di pertemuan pertama. Ini bocorannya….

Penampilan
Perusahaan akan melihat cara Anda memilih busana dan aksesori, serta cara makeup. Dandanan terlalu berlebihan atau malah terlalu santai membuat Anda dianggap tidak bisa bersikap profesional ketika bekerja.  Umumnya, HRD tertarik dengan pelamar yang tampil dengan makeup natural, menggunakan busana pas di badan berwarna cerah, serta minim aksesori.

Cara berbicara
Cara berbicara bisa menentukan profesionalitas, kepercayaan diri, dan kontrol emosi Anda. Dimulai dari saat Anda menyapa, pihak perusahaan sudah berusaha menilai Anda. Kemudian, penilaian akan berlanjut kepada cara Anda menjawab pertanyaan, bertanya, ataupun menyampaikan ketidaksetujuan. Perusahaan juga bisa menilai dari naik-turunnya intonasi, tuh.

Ekspresi wajah
Perusahaan akan menilai cara Anda menatap sampai tersenyum untuk menentukan besarnya rasa percaya diri Anda. Jika Anda berbohong, panik, atau kecewa pun akan bisa tertangkap hanya dengan melihat ekspresi wajah. Lebih aman, sih, Anda selalu tersenyum ramah di pertemuan pertama. Tidak hanya untuk mendapat respons positif, tetapi juga untuk menghilangkan gugup.

Bahasa tubuh
Biasanya, bahasa tubuh jadi hal yang sulit untuk dikontrol karena dilakukan tanpa sadar. Misalnya, nih, Anda mengetukkan jari di meja ketika panik, menggoyangkan kaki ketika tidak sabar, atau mengusap ujung hidung karena tidak pede. Namun, pihak perusahaan bisa menilai itu dari Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s