9 Cara Gratis dan Menyenangkan Agar Bahasa Inggrismu Tidak Berhenti di Level Pas-Pasan

Mampu menggunakan Bahasa Inggris dengan baik bagi kaum urban sudah merupakan kewajiban kedua setelah ibadah pada Tuhan. Bagaimana tidak, sekarang Bahasa Inggris selalu dibutuhkan dalam setiap lini kehidupan.

Untuk bisa masuk universitas kemampuan Bahasa Inggrismu akan diuji dalam UAN dan tes seleksi masuk perguruan tinggi.

Ketika melamar pekerjaan kamu pun wajib fasih berbahasa Inggris baik secara lisan maupun tulisan.

Saat sudah bekerja tidak jarang kamu harus menggunakan Bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan klien.

Jaman gini, nonton film dan dengar lagu pun banyak yang pakai Bahasa Inggris…

Wajar kok sebagai orang Indonesia yang hanya menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua kita masih melakukan kesalahan di sana-sini. Tapi tentunya ada dong cara untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrismu dengan gratis, mudah dan menyenangkan? Di artikel ini  akan mengungkapkan beberapa caranya.

 

 

1. Belajar bahasa itu seperti pacaran. Harus akrab dulu sebelum bisa mengikat komitmen dan berjalan

Harus akrab dulu sebelum bisa berjalan

Sebenarnya cara paling mudah untuk membuatmu terbiasa dengan suatu bahasa adalah dengan mengakrabkan dirimu padanya. Advance di suatu bahasa asing tak jauh beda dari proses pacaran: PDKT dulu-jalan beberapa kali-kenal calon pasangan dengan baik-jadian deh!

Jika memang kamu berniat bisa fasih menggunakan Bahasa Inggris, dekatkan diri dan akrabkan seluruh inderamu padanya. Bagaimana caranya? Mulai dari yang sederhana dulu deh. Sering-sering putar lagu berbahasa Inggris di ponsel atau iPodmu, mulai ganti novel terjemahanmu dengan novel Bahasa Inggris saja, tonton film dengan subtitle Bahasa Inggris bukan Bahasa Indonesia. Jika seluruh inderamu sudah akrab dengan bahasa ini, prosesmu belajar akan makin mudah dirasa.

 

 

2. Selalu ajak rasa ingin tahu setiap kamu mendengarkan lagu. Bongkar arti kata yang masih terdengar asing di telingamu

Selalu bongkar lagu yang masih asing di telingamu

Lagu berbahasa Inggris yang dengan mudah bisa kamu temukan di manapun adalah pintu menyenangkan untuk membuatmu lebih luwes ber-cas cis cus dalam Bahasa Inggris. Coba deh, mulai sekarang jangan cuma mendengarkan dan mendendangkannya saja. Cari tahu liriknya juga, kemudian cari arti kata-kata yang belum kamu ketahui dalam Bahasa Indonesia.

Contohnya nih ya, kamu bisa membongkar makna dari lagu sederhana “When We First Met” Hello Goodbye:

As I kept track of every haircut that we ever had
I could, I could see how long it had been, oh
Oh, how long it had been

And this thought, made it clearer
I ought to be near her

Apa yang masih terlihat asing di matamu? Kalimat “Kept track”; “ought”? Atau kamu justru tergelitik membongkar makna di balik lagu yang kata-katanya super simple itu? Mulailah dari hal yang paling membuatmu penasaran. Buka kamus, or you can just search the terms you want to know through Google. 

Dengan cara ini kata-kata asing itu akan lebih mudah tertancap di kepala. Jika cara ini rutin kamu lakukan tanpa sadar perbendaharaan katamu akan meningkat dengan signifikan, dan tentunya tanpa perlu membuatmu tertekan.

 

 

3. Jangan puas hanya dengan tahu artinya. Untuk setiap lagu yang kamu dengar coba juga bongkar maknanya

Setelah arti kata yang masih asing kamu ketahui, lanjutkan perjalananmu dengan membongkar makna di balik lagu

Hah, buat apa? Ribet amat

Apakah begitu yang ada di pikiranmu? Hey, jangan salah. Membongkar makna di balik lagu bukan cuma boleh dilakukan mahasiswa Sastra Inggris atau mereka yang kurang kerjaan. Jika ingin kemampuan berbahasamu meningkat dengan signifikan kegiatan ini juga wajib kamu lakukan.

Bongkar lagu dari band yang kamu suka

Lagu “Sugar” dari Maroon 5 yang sempat jadi perbincangan di media sosial, contohnya. Jika tidak dipahami maknanya arti lagu Sugar Maroon 5 bisa sekadar lagu “minta gula” pada pelayan kafe saat minumanmu terasa kurang manis. Tapi saat kamu bongkar, makna lagu ini bisa jauh lebih dalam dan menyentuh.

Sugar
Yes, please
Won’t you come and put it down on me
I’m right here, ’cause I need
Little love and little sympathy

(di sini Mas Adam bukan minta gula ternyata, tapi dia malah kesepian dan ingin minta ditemani)

Yeah
I want that red velvet
I want that sugar sweet
Don’t let nobody touch it
Unless that somebody’s me
I gotta be a man
There ain’t no other way
‘Cause girl you’re hotter than southern California Bay

(sekilas Mas Adam meminta semua cake manis itu. Padahal jika dilihat lagi Mas Adam hanya ingin mempertahankan “manisnya” gadis hanya untuk dirinya sendiri)

Membongkar makna di balik lagu melatih kepekaanmu berbahasa. Kamu akan tahu dalam kesempatan macam apa sebuah kata layak digunakan, serta emosi macam apa yang bisa ditimbulkan dari deretan kata yang tersusun menjadi kalimat.

 

 

4. Dua cara ampuh yang bisa kamu coba untuk meng-upgrade kemampuan  listeningmu : menikmati program berbahasa Inggris tanpa terjemahan Bahasa Indonesia atau dengar lagu kemudian catat liriknya

Coba ikuti program  berbahasa Inggris tanpa terjemahan

Urusan tata bahasa dan vocabulary sudah aman, kini saatnya meningkatkan kemampuan listening-mu supaya lebih sepadan. Kalau mau sedikit berusaha sebenarnya tidak sulit lho meningkatkan kemampuan bahasa, toh sekarang sudah banyak channel yang memudahkanmu untuk melakukannya.

Swearline contohnya, laman yang satu ini punya opsi yang bisa membantumu meningkatkan kemampuan listening. Swearline punya fitur subtitle yang bisa kamu pilih dinyalakan atau dimatikan dalam setiap episodenya. Jika memang ingin membuat kemmapuan listeningmu meroket saran Hipwee coba matikan saja fitur terjemahan yang ada, kemudian dengar baik-baik percakapan yang terjadi dalam episode yang sedang kamu putar.

Tidak yakin dengan apa yang kamu dengar atau sekadar ingin memastikan apa yang kamu terima benar? Nyalakan kembali fitur terjemahan kemudian dengarkan kembali episode itu.

Atau tonton film tanpa terjemahan

Cara mudah lain yang bisa dicoba adalah nonton film berbahasa Inggris tanpa terjemahan di bawahnya. Paksa dirimu memahami apa maksud dari dialog yang sedang diucapkan oleh aktor-aktor di dalam film yang sedang diputar di depan matamu.

Cara lain yang juga tak kalah efektif adalah dengan berusaha mencatat kata per-kata dari lirik lagu yang sedang kamu putar. Sebutlah kamu sedang memutar lagu “All About That Bass”, Meghan Trainor. Nah, jangan langsung gatal mencari lirik lagu tersebut dari laman di internet — dengarkan dulu baik-baik dan berusaha pahami liriknya semampu yang kamu bisa. Kalau perlu pause dulu lagunya, catat lirik yang tertangkap telinga, baru bandingkan dengan lirik aslinya.

 

 

5. Untuk urusan paramasastra (grammar) kamu bisa meningkatkan kemampuanmu dengan rajin membaca

Latih kemampuan paramasastramu dengan rajin membaca

Paramasastra Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris cukup berbeda. Dalam proses belajar Bahasa Inggris urusan paramasastra atau grammar ini sering jadi batu sandungan karena kita sering merasa belum terbiasa.

Bahasa Indonesia: pergi HARI INI, pergi KEMARIN, AKAN pergi BESOK

Bahasa Inggris: go, went, will go

Perbedaan struktur Bahasa macam ini sering kita lupakan penggunaannya, terutama dalam urusan bicara dan penulisan. Cara termudah untuk membuat paramasastra Bahasa Inggris tetap melekat kepala adalah dengan rajin membaca.

Mulai saja dari novel populer, macam John Green dan JK Rowling — karena cerita dan gaya bahasanya mudah diterima. Siapkan novel terjemahannya kalau perlu, jika kamu belum PD dengan kemampuan Bahasa Inggrismu.

Saat harus menulis atau bicara, kamu akan lebih peka pada kesalahan dan struktur kalimat yang kamu ciptakan. Ketika kamu hendak menulis “I were playing with my friends yesterday” , akan ada rasa tidak nyaman karena dalam benakmu terselip bayangan line dari novel Harry Potter yang menulis, “I was happy with my life at Hogwarts, I wish i can come back now.”

Secara tidak langsung buku-buku yang kamu baca berperan sebagai wasit di lapangan agar kamu tidak salah aturan. Jika sudah rajin membaca tak perlulah kamu repot memikirkan apa itu past tense, present tense, atau future tense. Berbagai paramasastra akan datang dengan sendirinya.

 

 

6. Sering streaming program berbahasa Inggris juga bisa jadi cara oke untuk memperbaiki aksenmu bicara. Tirukan saja logat dan gaya bicara aktor-aktornya

Tirukan aksen aktor kesukaanmu

“Ron, are you mad? Can you stop eating, your best friend is missing.”

Selarik kalimat di atas adalah nukilan dari dialog Harry Potter and The Goblet of Fire antara Harry Potter dan Hermione. Lewat kalimat itu saya dan kawan-kawan sempat keranjingan bicara menggunakan Bahasa Inggris dengan logat British, aksen yang unik membuat kami gatal mencoba mengucapkannya dengan kata-kata lain.

Saat ini tak hanya lewat film saja aksen bicara kita bisa ditingkatkan. Banyak program online yang menawarkan kesempatan untuk mengeksplorasi beragam gaya bicara yang bisa dengan mudah kamu temukan.

Cukup dengan streaming Meejmuse Channel, vlogger Australia yang tinggal di Korea kamu bisa tahu logat Bahasa Inggris Aussie-Korea dan bisa menirukannya. Kalau ingin mendalami aksen British yang kental kamu tinggal mengakses Swearline dan mendengarkan episode-episodenya. Jika kamu ingin tahu aksen American English juga gampang, streaming saja reality show The Voice dan temukan beragam logat khas Amerika yang unik.

 

 

7. Karena kemampuan berbahasa yang tidak digunakan adalah bentuk kesia-siaan, ceburkan diri dalam komunitas yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai metode komunikasi utama

Coba ikut MUN atau English Debate untuk meningkatkan skill

Banyak dari kita sudah paham paramasastra Bahasa Inggris yang baik, hapal ratusanvocab, tapi masih takut bicara menggunakan bahasa yang sudah kita ketahui pakemnya. Alasan takut salah, belum lancar, sampai masih terasa kaku di lidah sering kita gunakan. Padahal tanpa dilatih kemampuan bahasa itu hanya akan menguap ke udara– tak ada artinya.

Jika sampai sekarang kamu masih jengah menggunakan Bahasa Ingris dalam kehidupan sehari-hari ceburkan dirimu dalam komunitas yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai metode komunikasi utamanya. Komunitas MUN, english Debate, sampai Couchsurfer dan Steam Community bisa kamu coba — pilih saja sesuai hobi dan ketertarikanmu.

 

 

8. Cari kalimat lucu sebanyak-banyaknya. Pancing ketertarikanmu dengan kata-kata umpatan yang terdengar lebih cool di telinga

Cari kalimat lucu yang bisa membuatmu tertarik

Terkadang lebih mudah memperlajari bahasa baru dengan cara banyak-banyak mendengarkan lelucon dan umpatan dari bahasa itu dibanding langsung secara formal mendalami tata bahasanya. Ingat ‘kan bagaimana kamu pertama kali mengenal Bahasa Jawa lewat kata umpatan macam, “Asem” atau “A*u”?

Cara yang sama bisa kamu terapkan dalam mempelajari Bahasa Inggris. Pancing semangatmu untuk belajar dengan kata-kata umpatan dan pilihan kata yang lucu. Bukan ingin mengajari untuk berkata-kata buruk ya, tapi dengan memilih kata-kata yang unik kita akan lebih mudah menghapal vocabulary dan memperkaya diksi.

Atas alasan pemilihan materi yang catchy inilah Swearline layak kamu coba. Dalam laman ini kamu akan diajak menggunakan kata-kata makian sebagai jembatan untuk mempelajari Bahasa Inggris .Jika dalam les Bahasa Inggris konvensional kamu diajari membuat kalimat sesuai grammar — di episode Swearline kamu justru diperdengarkan kata-kata umpatan yang kemudian dikembangkan sebagai cara untuk mengenal Bahasa Inggris lebih dalam. Contohnya begini, nih:

(Swearline Words of The Day: Cock)

Dick: “Cock is a noun. Is a thing. It comes with an adjective, usually. It can be large it can be small.”

Missy: “Would you say I have a small cock?”

Dick: “I’ve often said I have a small cock. I like to be truthful.”

Dari kata “Cock” tanpa sadar kamu belajar soal adjective dan cara menggunakan kalimat tanya yang benar. Pelajaran yang kamu dapat lewat jembatan kata-kata umpatan macam ini akan lebih mudah diingat dan tentunya bisa dipelajari dengan menyenangkan.

 

 

 

9. Tanpa perlu keluar uang untuk biaya les Swearline bisa kamu jajal untuk belajar Bahasa Inggris secara kasual

Swearline is a swearable place to improve your English

Tidak punya biaya untuk ikut les Bahasa Inggris seharusnya tidak jadi alasan untukmu berhenti belajar. Man, jaman sekarang man. Yang gratisan juga banyak asal mau cari. Swearline contohnya, laman ini bisa jadi tempat belajarmu untuk belajar Bahasa Inggris dengan kasual, menyenangkan, dan tentunya gratis!

Caranya mudah. Kamu hanya perlu log in ke web Swearline dengan menggunakan alamat e-mailmu. Setelah itu kamu bisa mengakses seluruh episode Swearline yang di-update secara mingguan secara gratis.

Ada lagi yang lebih menyenangkan, kamu juga akan mendapatkan kesempatan belajar di SwearClinic secara gratis selama 30 menit. Di sini kamu bisa berbicara langsung dengan native speaker melalui Skype. Kesempatan belajar langsung dengan native speaker ini tersedia selamanya asal kamu mengajak 2 orang teman lain untuk ikut login ke Swearline.

 

Kalau kamu ingin tahu lebih banyak tentang Swearline kamu bisa mengunjungi halaman Facebook Swearline atau mengunduh langsung aplikasi Androidnya.

See? Tidak sulit ‘kan meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris dari sekadar pas-pasan jadi lebih bisa digunakan dalam setiap kesempatan? Selamat mencoba!

 

 

Sumber : http://www.hipwee.com and Swearline

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s