9 Trik Mudah Biar Kamu Terlihat Lebih Fotogenik Dalam Setiap Kegiatan Foto-foto

Foto-foto lewat selfie atau grup selfie sudah jadi kebiasaan wajib setiap ada kumpul-kumpul bersama teman. Demi alasan “Buat kenang-kenangan”, atau “Biar eksis dan bisa di-post di Path,  Instagram, Facebook, dan Twitter”  kita mengerahkan segala upaya untuk mendapatkan jepretan terbaik. Tapi sayang, kadang usaha sekuat tenaga lebih sering dikalahkan oleh ke-fotogenik-an tampang.

Dunia memang tidak adil. Kamu yang di kaca tampak cantik dan tampan, eeh di foto malah kelihatan chubby dan bermuka lebar. Sedang dia yang sehari-harinya chubby justru terlihat tirus dan lebih menarik di depan kamera. Karena menjadi fotogenik hari ini adalah kebutuhan segala bangsa, Hipwee akan mengupas kiat-kiat mudah agar jadi lebih fotogenik khusus buatmu.

 

#1 Setiap berfoto pilihlah sisi kiri wajahmu untuk ditampilkan. Konon sisi kiri wajahmu akan terlihat lebih menarik bagi orang lain

Ambil sisi kiri wajahmu untuk difoto

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Experimental Brain REserach menunjukkan bahwa sisi kiri wajah adalah sisi yang paling banyak membuat orang yang melihat fotomu merasa tertarik. Dalam penelitian tersebut diamati besarnya pupil 10 orang yang melihat foto dengan 2 jenis berbeda: foto yang menampilkan sisi kanan wajah dan foto yang menampilkan sisi kiri wajah.

Hasilnya kebanyakan orang yang memandang foto yang memperlihatkan sisi kiri wajah memperlihatkan gejala membesarnya pupil (tanda ketertarikan terhadap sesuatu.) Mereka pun mengatakan bahwa foto yang memperlihatkan sisi kiri wajah terlihat jauh lebih menarik dibanding foto yang memperlihatkan sisi kanan wajah.

“Jika ingin terlihat lebih menarik, kamu harus menggeser badan sedikit saat difoto agar lebih banyak mengekspos sisi kiri wajahmu.”

Dr Schrillo.

 

 

#2 Usahakan jangan jadi oknum yang pegang kamera saat group selfie. Ini akan membuatmu terlihat tidak proporsional

Lebih baik pakai tongsisi agar fotomu lebih proporsional

Proporsionalnya penampang wajah yang terlihat di foto akan mempengaruhi hasil fotomu. Demi usaha untuk menjadi lebih fotogenik mulai sekarang usahakan untuk berada tidak terlalu dekat dengan kamera setiap ambil foto group selfie.

Jangan jadi orang yang memegang kamera, sebab ini berarti kamu akan terlihat lebih besar dibanding kawan-kawanmu yang lain. Selalu ambil posisi setara dengan teman-teman — dan hey, inilah kenapa tongsis diciptakan! Keluarkan tongsis setiap kalian hendak berfoto agar semua orang bisa mendapatkan hasil foto yang paling baik.

 

 

#3 Demi badan yang terlihat lebih tinggi-langsing-proporsional ambil foto seluruh badan dari angle yang rendah. Plus terapkan 4 strategi sampingannya

Cara sederhana agar kakimu terlihat lebih jenjang

Mengambil foto seluruh badan berarti tidak punya ruang untuk menyembunyikan kekurangan. This is why models make good money — karena mereka harus terlihat sempurna setiap waktu. Nah, bagaimana dengan kita yang muka dan badannya jauh di bawah kecantikan alami ala Dian Sastro ini?

Menurut Chrissele Lim ada 5 cara untuk membuatmu terlihat lebih tinggi-langsing-dan proporsional tanpa harus pakai Photoshop:

  • Ambil foto dari angle yang rendah
  • Pastikan seluruh badanmu masuk dalam frame foto
  • Demi kaki yang terlihat lebih jenjang, letakkan satu kaki di depan kaki lain saat difoto
  • Pilih celana dengan potongan pinggang yang tinggi (high waisted bottom)
  • Ambil langkah panjang saat mengambil foto dengan pose berjalan. Cara ini akan membuat kakimu terlihat jauh lebih panjang daripada aslinya.

 

 

#4 Agar fotomu tidak tampak seperti martabak terang bulan selalu gerakkan wajahmu sedikit ke samping setiap difoto

Geser muka ke samping ketika difoto

Membiarkan diri difoto secara “kotak” tanpa sedikit menggeser wajah akan menghasilkan foto yang datar. Demi hasil foto yang lebih memiliki “kedalam” mulai saat ini geser sedikit wajahmu setiap hendak difoto close up atau middle close up.

Menggeser wajah memungkinkan tulang pipimu terekspos, sehingga memberi kontur yang pas bagi wajahmu.

 

 

#5 Waktu ambil foto untuk pas foto atau foto apapun yang mengharuskanmu difoto sambil duduk berusahalah untuk mengambil gambar dari angle yang tinggi.

Ambil high angle photo agar tidak terlihat "lebar"

Kamu dan kawan-kawan akan berfoto saat nongkrong-nongkrong cantik di kafe? Keluarkan tongsis dan ambillah foto dari arah atas. Begitu pun ketika kamu foto studio yang mengharuskanmu difoto sembari duduk — mintalah fotografer untuk meletakkan kamera di atas muka sehingga kamulah yang harus menggerakkan wajah untuk menghadap lensa.

High angle shot akan mengekspos rahangmu lebih jelas sehingga (lagi-lagi) bisa memberikan kontur yang sesuai.

 

 

#6 Setiap posting gambar di sosial media pastikan fotomu telah di crop agar seluruh badan bisa masuk ke dalam frame

Pastikan fotomu proporsional sebelum di post

Jangan pernah membiarkan ruang di atas kepala sangat panjang dalam foto. Crop foto sedemikian rupa sehingga agar seluruh badan bisa masuk ke dalam frame. Seperti yang sudah Hipwee sampaikan di poin nomor 3, cara ini bisa memberimu hasil foto yang lebih proporsional.

Btw di crop aja ya, tak perlulah diedit pakai kamera 360 :p

 

 

#7 Empat langkah mudah demi menciptakan senyum yang rileks dan gak maksa

Taruh lidah di belakang gigi agar senyummu gak maksa

  • Tutup mata
  • Ambil nafas panjang
  • Buka mata sebelum shutter kamera berbunyi, atau tepat sebelum jarimu memencet tombol “capture”
  • Tersenyumlah!

 

 

#8 Letakkan lidah di belakang gigi saat kamu sedang melakoni pose favorit sejuta umat: tersenyum

Taruh lidah di belakang gigi setiap melakoni foto senyum

Pose senyum adalah pose favorit sejuta umat. Terkadang saking favoritnya pose ini tanpa sadar kita tersenyum terlalu lebar sehingga menghasilkan kesan yang menyeramkan, alih-alih ramah dan hangat.

Agar senyum-terlalu-lebar-yang-merusak-keindahan-foto-tidak lagi terjadi letakkan lidahmu di belakang gigi setap tersenyum. Ini akan mencegah kamu menarik bibir terlalu jauh ke sisi kanan dan kiri.

 

 

#9 Hijrahlah dari kata-kata “Cheese” ke “Money” demi menciptakan senyum yang lebih tulus

Ganti "Cheese" ke "Moneeey"

Kalau selama ini kamu terbiasa menciptakan senyum dengan berteriak, “Cheese” sekarang kebiasaan ini harus dipensiunkan. Stop menggunakan kata “Cheese”, karena“Money” has come to the rescue. 

Huruf “E” yang tegas pada kata “Money” membawa sisi kanan-kiri bibirmu ke atas sembari membuat matamu sedikit menyipit secara kasual. Dua cara ini bisa memberimu ilusi senyum yang natural. Jauh lebih baik dari ucapan “Cheese” yang memberimu ilusi senyum nan datar.

 

See? Gak susah ‘kan demi menciptakan foto yang lebih cantik? Mau dari sananya fotogenik atau tidak, trik-trik mudah ini bisa membantumu.

Selamat mencoba dan semoga fotomu jadi lebih ciamik ke depannya. Kalau kamu mau pamer foto boleh banget juga kirimkan ke Hipwee lewat alamat ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s