15 Fitur Tersembunyi Google Chrome yang Bermanfaat dan Menyenangkan. Chrome User Wajib Tahu !

Yakin deh, mayoritas dari kamu pasti minimal pernah menggunakan Chrome Browser. Mungkin banyak di antara kalian juga yang sekarang lagi browsing pakai Chrome. Tapi, tahukah kamu kalau ternyata Google Chrome punya bayak fitur rahasia?

Mulai dari fitur yang menyenangkan dan menghibur hati sampai fitur yang sangat membanu produktivitas kamu, hipwee bakal bagikan buat kamu-kamu para pengguna Google Chrome. Langsung aja yuk baca kumpulan fitur-fitur bermanfaat ini.

 

1. Kalau internet tiba-tiba ngadat, terus muncul T-Rex dengan tulisan yang mengecewakan. Itu bisa dimainin lho, coba aja pencet spasi.

bisa dimainin lho

bisa dimainin lhoBete kan kalau pas internetan, tiba-tiba koneksi putus? Tenang, Chrome siap mengobati rasa kesal kamu lewat permainan ini.

FYI, kalau kamu pakai Chrome di Android, kamu tetap bisa menikmati fitur ini. Tap aja kalau nggak percaya.

 

 

2. Kalau kamu nggak sengaja salah nutuptab, pencet CTRL+Shift+T secara bersamaan untuk membuka halaman yang barusaja tertutup.

Anda selamat, aha

Anda selamat, aha

Haha, pernah kan nggak sengaja nutup tab? Biar nggak buka history, kamu bisa kok pakai shortcut ini. Semoga membantu.

 

3. Bikin tab baru dengan Ctrl/Cmd + T dan hapus tab dengan Ctrl/Cmd + W

mungkin udah banyak yang tahu sih

mungkin udah banyak yang tahu sih

Nggak seru nih, udah banyak yang tahu. Tapi, poin berikutnya mungkin banyak yang nggak tahu.

 

 

4. Kalau ini mungkin banyak yang belum tahu. Kamu bisa pindah ke tab selanjutnya atau pindah ke tab sebelumnya lebih cepat dengan kekuatan shortcut.

nggak capek geser mouse kan

nggak capek geser mouse kan

Yang ini pasti bermanfaat banget buat kamu yang perlu pindah-pindah tab dengan cepat.

 

 

5. Gini juga kece, pakai aja +angka atau Ctrl+angka

gini juga bisa dan lebih cepet buat yang udah terbiasa

gini juga bisa dan lebih cepet buat yang udah terbiasa

Kalau kamu pengen lebih cepet lagi, kamu bisa pakai teknik yang satu ini. Setiapurutan tab adalah angka. Khusus Mac. gunakan tanda+angka atau untuk non-Mac.Ctrl+angka sesuai uturan.

 

 

6. Kondisi mendadak dan kamu butuh notepad secepatnya, ketik “data:text/html, <html contenteditable>” tanpa tanda petik di adress bar, click sekali di layar putih kososng itu dan jadilah notepad.

aha, bisa buat ngetik kalau lagi kepepet dan mendesak

aha, bisa buat ngetik kalau lagi kepepet dan mendesak

Pernah kan kamu ada dalam situasi genting yang memaksa kamu mencatat tapi terbatas pada alat? Nah, mungkin yang satu ini bisa jadi solusi alternatif.Kamu bisamasukkan“data:text/html, <html contenteditable>” tanpa petik. Awalnya semua akan terlihat seperti halaman kosong dan kamu nggak bisa mengetik apa-apa. Click aja sekali di halaman kosong itu, baru kamu bisa mengetik sepuas kamu.

 

 

7. Khusus para pengguna Chrome di iPhone atauAndroid, kamu bisa menghemat paket data dengan masuk bandwidth management dalam menu settings.

lebih cerdas dan lebih hemat

lebih cerdas dan lebih hemat

Khusus pengguna Chrome di Android dan iPhone, kamu bisa menghemat paket data kamu dengan menggunakan fitur data savingdalambandwidth management.

 

 

8. Kalau lagi terburu-buru hapus history, pencet CTRL+H untuk buka history, lalu CTRL+Shift+Del untuk quick access ke hapus semua history. Khusus Mac. pencet Shift+Command+Delete.

buat hapus history sakralmu

buat hapus history sakralmu

Aha, ketahuan deh yang sudah browsing situs-situs sakral. Biar lebih aman, kamu bisa pakai mode incognito biar history kamu nggak tercatat

gini kan aman

gini kan aman

Semoga kamu share tulisan ini bukan karena ada fitur ini, aha.

 

 

9. Kalau kamu merasa sepi dengan tampilan google chrome, ada kok fitur tema disini

biar chrome kamu makin berwarna

biar chrome kamu makin berwarna

Kalau kamu bosen dengan Chrome kamu yang datar dan kosongan? Kamu bisa kok ganti tema Chrome kamu dengan.Tinggal ke situsini, lalu kamu bisa pilih tema sesuai yang kamu harapkan.

 

 

10. Google chrome punya task manager sendiri lho, kamu bisa pencet Shift+Esc untuk mengaksesnya. Bisa buat force close page yang lemot.

gini caranya

gini caranya

Mungkin beberapa kali kamu sempat kesal gara-gara ada halaman atau tab yang lemot bahkan unresponsive. Kamu nggak perlu tutup Chrome kamu lewat task manager komputer kamu, kamu bisa juga kok pakaifitur task manager yang ada dalam Chrome dengan memencet Ctrl+Shift+Esc.

 

 

11. Bikin gif dari video di youtube? Kamu bisa bikin dengan ekstensi ChromeGIFit

pakai ekstensi gifit

pakai ekstensi GIFit

Lihat video lucu terus pengen bikin gifnya? Kamu bisa coba ekstensi Chrome yang satu ini. Dapatkanaja ekstensinya disini.Kamu bisa ikuti sendiri instruksinya disana.

 

 

12. Males buka folder donlotan file yang habis diunduh? Drag aja seperti ini.

bisa didrag lho

bisa didrag lho

Kadang males ya buka folder download? Kamu bisa atasi ini dengan drag file donlotan di bagian bar bawah Chrome kamu. Kamu bisa drag ke mana aja, ke folder mana aja.

 

 

13. Pengen tahu berapa detail konsumsi memory saat kamu browsing? Cek aja dengan mengetik about:memory di address bar.

buat yang merasa perlu aja sih

buat yang merasa perlu aja sih

Kalau kamu pengen tahuseperti apa statistik penggunaan memory kamu saat browsing di Chrome, kamu bisa coba fitur ini untuk melihat proses apa saja yang sedang berjalan dan seperti apa performanya.

 

 

14. Masih tahap pengembangan sih, kamu bisa menjalankan program Android dengan Android Runtime for Chrome yang bisa kamu pelajari disini.

patut dicoba

patut dicoba

Kebayang nggak buka aplikasi android sambil buka Chrome di layar yang sama? Kamu bisa coba fitur ini. Namanya Android Runtime on Chrome. Saat ini masih dalam tahap development, tapi nggak ada salahnya dicoba kalau kamu penasaran.

 

 

15. Pencet Ctrl+L untuk highlight alamat website yang sedang kamu buka dengan cepat.

gini kan cepet

gini kan cepet

Diam-diam fitur ini sangat membantu produktivitas kamu yang lagi dituntut bekerja cepat dengan web. Kamu bisa dengan cepat menghighlight alamat web yang sedang kamu buka dengan memencet Ctrl+L. Dengan ini kamu nggak perlu repot-repot memindah tangan kamu dari keyboard cuma buat geser dan click alamat web kamu dengan mouse.

 

 

Nah, itu dia fitur-fitur berguna yang wajib kamu ketahui. Semoga bermanfaat buat kamu dan juga teman-teman kamu sesama pengguna Google Chrome. Selamat mencoba.

 

 

 

Sumber : http://www.hipwee.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s